Rabu, 28 Maret 2012

BENARKAH BUNGA KARANG TERMASUK JENIS BINATANG?


Kalau kalian menyelam di dasar laut, maka kalian akan menjumpai bunga karang yang idnah berwarna-warni.  Namanya saja bunya, maka bunga karang yang indah berwarna-warni itu membuat ia tampak seperti bunga sejenis binatang. Ia termasuk golongan binatang yang sederhana karena tubuhnya terdiri dari sel-sel yang bersatu dengan susunan yang sederhana dan tidak memiliki susunan saraf.
Meskipun tergolong binatang, bunga karang tidak dapat berjalan ke sana kemari seperti layaknya jenis binatang lain.  dengan kakinya yang lebar, bunga karang hidup menempel pada dasar laut, batu karang, atau benda-benda lainnya, sehingga hanya tubuhnya saja yang bergerak-gerak di dalam air.  Tubuh yang bergerak-gerak itupun sesungguhnya adalah tentakel yang tampak seperti daun-daun panjang yang melambai-lambai dengan gemulai.  Pada tentakel-tentakel itu terdapat duri-duri eracun yang berfungsi untuk menjebak magnsa.
Sebagaiman halnya binatang, tentu saja., bunga karang juga membutuhkan asupan makanan. Tahukah kalian, apakah makanan bunga karang? Pasti kalian penasaran.  Makanan bunga karang di antaranya adalah ikan dan makhluk-makhluk kecil lain yang ada di dalam air.  Ikan-ikan dan makluk air itu di lumpuhkan dahulu sebelum di makan.  Caranya, ia akan menusukkan duri-durinya yang beracun, sehingga mangsanya itu akna lumpuh tak berdaya.  Setelah itu bunga karang pun siap menyantapnya.
Tetapi, bunga karang tidak mempunyai mulut, sehingga makanan dimasukkan ke dalam tubuhnya melalui pori-pori yang terdapat disekujur tubuhnya.  Bagian dalam pori-pori bunga karang berbentuk seperti cambuk, dan cambuk-cambuk inilah yang mengalirkan air laut kbeserta makanan yang telah hancur ke dalam tubuhnya.  Sisa-sisa makanan yang ada akan dikeluarkannya melalui satu atau bebgerapa lubang pori-pori lain yang lebih besar.
Sumber :
Asti, Badiatul Muchlisin.2008. Ragam Fakta Unik, Menarik, dan Menakjubkan di Dunia Binatang. Yogyakarta: Diva Press.

3 komentar:

  1. Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali tentang Bunga ini

    BalasHapus
  2. yah satupun gak ketemu yg di tanya bungga nyaaaaa

    BalasHapus
  3. Youtube Player Reviews - Videoodl
    “Hear The Biggest Vegas Fans ·” I Have Never Seen This ·” Loved It,” The Biggest free youtube to mp3 Vegas Fans ·” I Love You. ·” The Biggest

    BalasHapus