Rabu, 28 Maret 2012

MENGAPA UDANG MEMPUNYAI ANTENA?



Kalian tentu pernah melihat udang. Cobalah perhatikan bentuhnya. Dibagian kepalanya, ada antena berbentuk sungut, iya kan?
Udang memang salah satu jenis binatang yang memiliki antena. Dan, sebagaimana hewan-hewan berantena lainnya, antena ini punya fungsi khusu, yaitu sebagai radar atau alat untuk mendeteksi keadaan disekitar.
Dengan antenanya ini, udang bisa mengetahui benda-benda atau makhluk-makhluk apa saja yang ada di sekitarnya.  Dengan antena ini pula, ia dapat mengetahui kondisi air dan keadaan lingkungan tempatnya tinggalnya, apakah dalamkeadaan tenang atau membahayakan dirinya. Dengan begitu, udang dapat segera mengambil sikap, apakah ia kan berjaga-jaga dari musuhnya, melarikan diri, atau tenang-tenang saja di tempatnya.  Selain itu, antena udang juga dapat digunakan untuk melindungi diri dengan cara ditusukkan pada musuh yang menyerang atau datang menggangu.
sumber Asti, Badiatul Muchlisin . 2008. Ragam Fakta Unik, Menarik, dan Menakjubkan di Dunia Binatang. Yogyakarta: Diva Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar