Rabu, 28 Maret 2012

APAKAH BURUNG JUGA BERGANTI BAJU?


Pernahkah kalian berpikir bahwa, sebagaimana manusi, berbagai binatang pun berganti baju.  Hanya saja, tentu ganti baju yang dilakukan binatan gitdak sama dnegan manusi berganti baju.  Sebab, baju yang dimaksud adalah kulit atau bulu-bulu pada binantang.
Ada banyak binatang yang mengganti kulit atau bulunya, termasuk burung, bebek, ular, dan lain-lainnya.  Pada burung, misalnya pergantian bulu sangat sering terjadi.  Dari waktu ke waktu, burung selalu mengganti bulu-bulunya. Bahkan, selama hidupnya burung menumbuhkan seluruh seri bulunya, baik bulu-bulu yang halus maupun bulu-bulu yang kasar, dari semenjak burung itu masih bayi sampai dewasa. Karena itu, saat bulu yang lam jatuh, maka bulu yang baru akna tumbuh menggantikannya.
Ada yang istimewa pada pergantian bulu pada sayap burung.  Biasanya, pergantian bulu pada sayap burung itu selalu dilakukan secara seimbang antara sayap bagian kanan dan kiri burung.  Bulu-bulu tersebut akan diganti secara berpasangan.  Artinya, bila bulu pada sayap kanan lepas, makan bulu pada sayap sebelah kirinya juga kan lepas.  Karena itulah burung dapat terus terbang dengan seimbang ad amasa ia berganti bulu.  Hal itu dapat terjadi karen apergantan bulu terbang (bulu yang kasar) pad aburung tersebut tidak dilakukna secara sekaligus.
 
Sumber :
Asti, Badiatul Muchlisin.2008. Ragam Fakta Unik, Menarik, dan Menakjubkan di Dunia Binatang. Yogyakarta: Diva Press. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar